Seni pertunjukkan islam

Seni Pertunjukkan Islam
Seni pertunjukkan Islam menunjuk pada seni pertunjukkan yang berhubungan dengan islam ditinjau dari kacamata sejarah dan sosial budaya. Dalam seni pertunjukkan di Indonesia ada 3 macam hubunhan islam. Pertama adalah bentuk-bentuk seni yang sudah ada sebelum diperkenalkan islam yang kemudian berubah dengan adanya pengaruh islam. Kedua adalah seni baru yg ketika diperkenalkan ke Indonesia sudah bermuatan islam. Ketiga adalah beberapa karya kontemporer yang tidak terikat secara ketat dengan tradisi tertentu, tetapi kesan islam tampil jelas.

Keislamian Senk pertunkukkan indonesia dapat dolijat dalam teks, perupaan, dan gubahan musik. contohnya, rebana adalah gendang berangka dan kehadirannya diIndonesia melambangkan pertunjukkan islam.

SALAWAT DAN SANTISWARAN
Musik Islami
Jenis musik ini berupa lagu yang dinyanyikan pemuanui tunggal atau paduan suara secara bergantian, diringi rebana yang dimainkan dalam polayang beda. Para pemusik dan penyanyi biasanya lelaki.

Selawat
Ciri khas selawat adala penggunaan rebana secara penonjol yang dalam bahasa jawa dikenal dengan nama trebang atau terbang, musiknya disebut yrebangan atau terbangan. Ciri kedua adalah adanya salawat yaitu doa puji-pujian. Ciri yg ketiga adalan penataan susunan nadanya. Nyanyian sholawat biasanya sangat bersemangat dan dibawakam dalam bentukpaduan suara.

Santiswaran
Snatiswaran dihasilkan sebagai hasil budaya yang diilhami daari islam. Sejak kapan perkembangannua tidak diketahui secara pasti. Catatan sejarah yang menyebutkan santiswaran mungkin serat chenthini, yang menerangkan keadaan jawa setelah majapahit (sekitar abad ke 16). Pagelaran santiswaran diiringi oleh sebuah kendang, terbang, kemanak dan seorang pesindhen. Ansambel musik utama.y jawa kecuali terbang. Santiswaran dikembangkan oleh para seniman keraton surakarta pada pada masa ulsultan Hamengku buwono IV, V dan Hamengkubuwo o X.

RAMPAK REBANA
Musik rebana diyakini pada mulanua digunaakqn untuk menyebarkan islam dan bahkan sampai sekarang musik rebana merupakanbpadian antara seni dan ajaran keagamaan. Para pemain ramak rebana bermain secara bersam-sama membawkan syair islami. Teks yang sering digunakan adalah bahasa arab uang dikenal sebagai berzanji. Pertunjukkan rampak rebana ditiap daerah berbeda-beda.

ZAPIN
Zapin ialah tarian yang menitik beratkan pada gerakan kaki, gerakan isyarat tangan. Masyarakat yang memlunyai tradisi zapi  pada umumnya suku melayu.
Ada 3 jenis zapin yang ada di Indonesia yaitu Zapin arab, Zapin melayu dan Zapin masa kini. Zapin biasanya dipertunjukkan di acara-acara tertentu seperti khitanan, pernikahan, pemandian dan peringatan hari raya islam.

SEUDATI
Seudati merpakan tarian khas yang berasal dari aceh. Sedati diyakin hadir bersamaa dengan penyebaran islam yang pada saat itu tari ini digunakam untjk kenyebarkan islam dengan cara menghibur.

BEKSA GOLEK MENAK
Beksa golek menak diciptakan oleh Sultan Hamengkubuwono IX pada tahun 1941. Tari ini berbeda dengan tari keraton lainnya dalam hal teknik tari, busan dan cerita uang dibawakannya.Tekbik dan busana yang didasarkan pada gerak gerik dan pakaian kayu tri-mantra dalam pertujikaan wayang golek

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s