Upacara dan Arak-arakan 1

Dindonesia pertunjukkan seringkali dikaitkan dengan pelaksanaan upacara. Pada beberapa pertunjukkan roh nenek mouang, dewa, atau binatang keramat menguasi tubuh manusia dan dalam bentuk ini menari. Contohnya pada tari sahyang di bali dan tari seblang di Jawa Timur. setelah selasai upacara tersebut maka dgelarlah arak-arakan. Semua arak l-arakan jug bersifat pertunjikkan.

HUDOQ
Hudoq merupakan sebuah tari upacara yang dilakukan oleh suku dayak Babau dan modang di kalimantan timur untuk memulai musim tanam padi, ngugu tahun (bersih desa) dan merayakan musim panen.
Upacara Hudoq dipimpin oleh seorang pawang untuk mengatur upacara. Para penari juga menggunakan topeng kayu berukir gabungan antara citra hama tanaman dan satwa-satwa berbahaya.

GAMELAN SEKATEN DAN GAREBEG
Sekaten adalah seperangkat gamelan jawa yang dimainkan pada perayaan. yang sampai tahun 70an hanya dimiliki oleh 3 keraton: Surakarta, Yogyakarta, Cirebon.
Garebeg meupakan acara besar yang melibatkan hampir seluruh keluarga dan pegawai kerajaan serta masyarakat luas. Dalam bahasa jawa, kata gerebeg berarti arak-arakan. Ada 3 jenis perayaan gerebeg yang terkait dengan upacara kerajaan yaitu gerebeg maulud, gerebeg syawal dan gerebeg besar. Biasanya setelah acara gerebeg berlangsung para penongon akan berebut hasil gunungan yang dipercaya akan mendapat berkah.
Gunungan merupakan tanda terimakasih pada tuhan yang maha kuasa. Gunungan terbuat dari nasi dan dihias dengan sayur mayur dan penganan. Ada 2 jenis gunungan yaitu gunungan lanang (laki-laki) dan gunungan wadon (perempuan)

TARI-TARIAN WALI
semua tarian wali termasuk dalam aspek budaya bale yang berpusat pada masyarakat dan desa, melibatkan banyak peran serta penonton.

Tari Sanghyang
Tari Sanghyang adalah salah satu tari terpenting dalam tari wali. Pada tati ini penari kerasukan dewa atau roh. roh yang masuk tergantung pada daerah dan jenis sanghyang, dari bidadari langit sanghyang dedari sampai roh kuda sanghyang jaran, roh babi hutan sanghyang celeng dan roh monyet sanghyang bojog.

Seblang dan Gandrung di Banyuwangi
Seblang dan gandrung adalah tarian tradisional yang ditemukan di banyuwangi. Seblang merupakan tarian upacara suci sedangkan gandrung lebih bersifat dunia dan sosial.

Tarian seblang disebut juga tarian sakti di bakungan dan olihsari. penari seblang dibakungan harus seorang wanita yang sudah menopause sementara di olihsari harus seirang gadi yang batu beranjak dewasa. 3 hal penting dalam tari seblang yang erat hubungannya dengan dengan kehadiran arwah nenek moyang dan mitologi dunia gaib yaitu : kejiman, Ratu sabrang dan Adol kembang. wakth pelaksanaan sebrang diadakan pad sore hari tengah bulan besar, bulan jawa dan siang haru sampai matahari terbenam selama 7 hari setrlah idul fitri.

Tari gandrung sebagai tari sosial
3bagian penting dalam pertunjukkan gandrung ialah:
-Jejer yaitu gandrung menampilkan rangkaian gerak sesuai dengan lagu yang dinyanyikan.
-Maju gandrung yaitu bagian ini diangkat dari taru ratu sabrang dalam upacara seblang
-Seblang subuh yaitu saat semua tamu pria mendapat giliran menari dan fajar (subuh) sudah dekat.

REOG PONOROGO
Reog ponorogo merupakan bebtuk teater populer dalam kelompok drama tari yang merupakan ciri khas daerah ponorogo, jawa timur. Rrog ponorogo tampil dalam avara penting seperti pernikahab, khitanan, peringatan hari besar dan perayaan yang bersifat umum.

Tokoh dan musik dalam ponoroga
Tokoh yang paling mengagumkan dalam reog ponorogo adalah barong yang menggambarkan tokoh utama cerita, bertopeng harimau besar berwarna terang dan mencolok dengan mahkota dhadhakmerak seberat 30-60 kilo.
ada juga tokoh merak (mahkota) yang konon 2hewan ini banyak hidup didaerah ponorogo.
alat musik yang digunakan saat arak-arakan reog ponorogo adalah kendhang, ketimpung, selompet, ketuk, kenong, angklung dan kempul.

GALOMBANG
Tarian ini adalah tari tradisipnal minangkabau yang merupkan tatian untuk menyambut tamu sesuai dengan kedudukannya. Galomvang diadakan sebelum tamu memasuki tenpat acara.

TABUIK
tabuik atau tabot merupakan jenid upacara permainan kekuatan gaib mengenang peristiwa disekitar dan meratapi kematian husein bin abi thalib, cucu nabi muhammad.
Bentuk tabuik yaitu terdiri atas dua sampai lima tingkat dengan tinggi kira-kira 6-15 meter. Tubuh tabuik dibuat dari bambu dan batang sagu dibungkus dengan kertas berwarna-warni.
Dipariaman upacara tabuik terdiri dari beberapa tahap dalam 10hari pertama bulan muharram yaitu ma-ambiak tanah (mengambil tanah), ma-arak saroban (mengarak sorban), ma-oyak tabuik ( menggoyang tabuik)

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s